Loading...
Apa itu variabel?
Selamat datang pengunjung blog mathematic.my.id. Para pembaca pasti ingin mengetahui secara jelas dan detail mengenai variabel. Sebenarnya jika para pembaca sudah memahami tentang variabel ini nantinya para pembaca pasti akan menyukai pelajaran matematika. Berikut ini pengertian dari variabel:
Variabel adalah pengganti yang dituliskan dengan huruf ataupun simbol.
Misalnya saja kita ingin mengganti banyaknya kendaraan roda 2 yang melintasi jalan Jendral Sudirman dalam sehari sebagai $j$. Misalnya lagi kita ingin mengganti nilai 2 dengan $x$ dari persamaan $x+3=5$. Misanya lagi kita ingin mengganti sudut keliling lingkaran dengan $\alpha$. Dan lain sebagainya. Nah, sampai di sini pasti para pembaca sudah memahami apa itu variabel.

Variabel juga berkaitan dengan suatu persamaan, sistem persamaan, dan pertidaksamaan. Sebagai contoh: Ali telah mengecat dinding 1/3 bagian, jika sebelumnya Ali telah mengecat dinding seluas 10 m$^2$ dan bagian pengecatan yang Ali dapat hanya seluas 20 m$^2$, maka berapa luas dinding seluruhnya?. Nah dari persoalan tersebut jika variabelkan luas dinding seluruhnya sebagai $L$ maka kalimat tersebut sama halnya dengan: $\displaystyle \frac{1}{3}L+10=20$.
Contoh lain: dua ekor ayam dibeli Andi hari ini, dan keesokan harinya akan dibeli lima ekor ayam lagi, berapa ekor ayam seluruhnya?. Misalkan ayam kita singkat dengan $m$ maka menjadi: $2m+5m=7m$ jadi seluruhnya ada 7 ekor ayam. Nah banyak lagi contoh-contoh lain tentang variabel. Bukan hanya dalam pelajaran matematika saja yang ada tentang variabel tetapi variabel selalu ada dalam pelajaran yang berkaitan dengan angka dan perhitungan, artinya diseluruh mata pelajaran yang ada hitungannya pasti akan ada unsur variabel.
Demikianlah postingan tentang variabel ini, sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.