Hukum Newton Ketiga

Loading...
Hukum Newton Ketiga
Selamat datang pengunjung blog mathematic.my.id,,
Pada pertemuan kita kali ini akan membahas tentang hukum newton ketiga. Jika para pembaca ingin terlebih dahulu membaca tentang hukum newton pertama dan kedua maka silahkan membaca melalui link berikut:

Hukum Newton Ketiga

ilustrasi:
Seorang anak duduk di atas sebuah papan beroda, kemudian dia menarik seutas tali yang dihubungkan ke tembok. Perhatikan gambar berikut:

Anak tersebut menarik tali dengan gaya $F$, tetapi dia akan bergerak ke arah tembok, mengapa demikian?, Hal ini disebabkan karena timbulnya gaya reaksi pada tali $T_1$, karena gaya aksi $F$ oleh anak tersebut.
Dari gambar di atas:
$F$ disebut gaya aksi, dan
$T_1$disebut gaya reaksi.
Demikian juga pada tembok, $T_2$ akan menimbulkan gaya aksi, dan diberikan gaya reaksi $F’$ oleh tembok yang arahnya berlawanan dan sama besar.
$$\vec{F}_{\text{aksi}}=-\vec{F}_{\text{reaksi}}$$

Gaya Normal

Perhatikan gambar berikut:

Bila sebuah benda berada di atas sebuah bidang datar, maka gaya berat $w$ dianggap sebagai gaya aksi oleh benda terhadap bidang, dan gaya normal $N$ adalah gaya-gaya yang bekerja pada benda oleh bidang yang dianggap sebagai gaya reaksi.
Jadi gaya normal adalah gaya yang ditimbulkan oleh alas bidang dimana benda ditempatkan, dan tegak lurus terhadap bidang itu.


Contoh Soal:
Sebuah benda massanya $m$ berada pada bidang miring yang licin dengan sudut kemiringan $\theta$. Apabila percepatan gravitasinya $g$, maka tentukanlah:
  1. Gaya normal pada benda.
  2. Percepatan yang dialami benda.

Penyelesaian:
Perhatikan gambar berikut:

$m.g$ harus diuraikan dulu menjadi $m.g.\text{sin }\theta$ dan $m.g.\text{cos }\theta$.
1. Gaya normal $N=m.g.\text{cos }\theta$.
2. Gaya yang menyebabkan benda bergerak adalah $m.g.\text{sin }\theta$.
Sehingga: $$a=\frac{F}{m}$$ $$a=\frac{m.g.\text{sin }\theta}{m}$$ $$a=g.\text{sin }\theta$$ Jadi percepataan yang dialami sebesar $g.\text{sin }\theta$.

Demikianlah postingan tentang hukum newton ketiga. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *