Loading...
Apa kabar para pembaca semuanya..
Semoga kita semua masih diberikan kesehatan sehingga kita tetap dapat terus belajar.
Pada pertemuan kali ini kita akan membahas materi fisika tentang Hukum Pascal dan Prinsip Kerjanya.
Tekanan zat cair pada dasar wadah tentu saja lebih besar dari tekanan zat cair pada bagian di atasnya (ingat kembali pembahasan mengenai Tekanan Pada Fluida). Semakin ke bawah, semakin besar tekanan zat cair tersebut, sebaliknya semakin mendekati permukaan atas wadah, semakin kecil tekanan zat cair. Besarnya tekanan sebanding dengan pgh (p = massa jenis, g = percepatan gravitasi dan h = ketinggian/kedalaman). Pada setiap titik pada kedalaman yang sama, besarnya tekanan sama. Hal ini berlaku untuk semua zat cair dalam wadah apapun dan tidak bergantung pada bentuk wadah tersebut. Apabila kita tambahkan tekanan luar, misalnya dengan menekan permukaan zat cair tersebut, pertambahan tekanan dalam zat cair adalah sama di mana-mana. Jadi apabila diberikan tekanan luar, setiap bagian zat cair mendapat “jatah” tekanan yang sama. Karenanya besar tekanan selalu sama di setiap titik pada kedalaman yang sama. Ini merupakan Prinsip Pascal.
Prinsip Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada cairan dalam suatu tempat tertutup akan diteruskan sama besar ke setiap bagian fluida dan dinding wadah.

Prinsip kerja Hukum Pascal
Jika suatu fluida yang dilengkapi dengan sebuah penghisap yang dapat bergerak maka tekanan di suatu titik tertentu tidak hanya ditentukan oleh berat fluida di atas permukaan air tetapi juga oleh gaya yang dikerahkan oleh penghisap. Berikut ini adalah gambar fluida yang dilengkapi oleh dua penghisap dengan luas penampang berbeda. Penghisap pertama memiliki luas penampang yang kecil (diameter kecil) dan penghisap yang kedua memiliki luas penampang yang besar (diameter besar).
Tekanan dalam fluida dapat dirumuskan dengan persamaan $\displaystyle P=\frac{F}{A}$ sehingga persamaan hukum Pascal bisa ditulis sebagai berikut: $$P_1=P_2$$ $$\frac{F_1}{A_1}=\frac{F_2}{A_2}$$ Keterangan:
$P_1$ dan $P_2$ adalah tekanan pada penampang pengisap 1 dan 2 (Pa).
$F_1$ dan $F_2$ adalah gaya pada penampang pengisap 1 dan 2 (N).
$A_1$ dan $A_2$ adalah luas penampang pengisap 1 dan 2 (m$^2$).
Penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari antara lain diterapkan pada dongkrak hidrolik, rem hidrolik, pompa hidrolik, meja operasi di rumah sakit, kursi dokter gigi, mesin pengepres hidrolik, dan pengangkat beban berat.
Demikianlah penjelasan materi Hukum Pascal dan Prinsip Kerjanya. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.