Loading...
Ikatan Hidrogen

Definisi:

pikatan hidrogen yaitu gaya tarik antar molekul yang terjadi antara dua muatan listrik parsial dengan polaritas yang berlawanan.


Ikatan hidrogen terjadi apabila molekul memiliki atom N, O, atau F yang mempunyai pasangan elektron bebas. Hidrogen dari molekul lain akan berinteraksi dengan pasangan elektron bebas ini membentuk suatu ikatan yang besarnya bervariasi mulai dari yang lemah (1-2 kJ/mol) hingga yang tinggi (>155 kJ/mol). Kekuatan ikatan hidrogen ini dipengaruhi oleh perbedaan elektronegativitas antara atom-atom dalam molekul tersebut. Semakin besar perbedaannya, semakin besar ikatan hidrogen yang terbentuk.
Secara umum, ikatan hidrogen digambarkan sebagai X—H···Y—, di mana X dan Y melambangkan atom sangat elektronegatif (N, O, atau F) dan tiga titik (···) melambangkan ikatan hidrogen. Fragmen X—H biasanya dikenal sebagai donor ikatan hidrogen sebagaimana fragmen X—H memiliki hidrogen yang menjadi bagian dari ikatan hidrogen. Sedangkan, fragmen Y— dikenal sebagai akseptor sebagaimana Y adalah atom elektronegatif dengan pasangan elektron bebas penerima hidrogen yang menjadi bagian dari ikatan hidrogen.


Contoh:

Ikatan hidrogen terdapat pada antar molekul H$_2$O. Pada senyawa H$_2$O merupakan ikatan H$_2$ dengan O. Karena elektron valensi H hanya ada 1 dan elektron valensi O ada 6, maka jelas bahwa untuk memenuhi elektron valensi O itu tepat dipenuhi oleh 2 elektron valensi pada H sehingga jumlah elektron valensi O menjadi 8, ingat bahwa rumus $2n^2$ (konfigurasi elektron dengan $n$ adalah bilangan asli).



Pengaruh Ikatan Hidrogen Terhadap Titik Didih, Titik Leleh dan Kelarutan Senyawa

Adanya ikatan hidrogen antar molekul menyebabkan titik didih senyawa relatif lebih tinggi dibandingkan dengan senyawa lain yang memilki berat molekul sebanding. Titik didih senyawa golongan alkohol lebih tinggi dari pada senyawa golongan alkana, demikian juga titik didih air lebih tinggi dari pada aseton.

Pengaruh ikatan hidrogen terhadap titik leleh tidak begitu besar karena pada wujud padat jarak antar molekul cukup berdekatan dan yang paling berperan terhadap titik leleh adalah berat molekul zat dan bentuk simetris molekul. 

Senyawa yang mampu membentuk ikatan hidrogen dalam air akan mudah larut dalam air. Panjang atau pendeknya rantai karbon (gugus alkil-R) memiliki pengaruh terhadap kelarutan senyawa dalam air.


Demikianlah materi tentang ikatan hidrogen. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.