Koordinat Kartesius (Koordinat Persegi Panjang)

Loading...
Koordinat Kartesius (Koordinat Persegi Panjang)

Selamat datang pengunjung mathematic.my.id,,
Pada postingan kali ini akan mengulas tuntang mengenai apa itu koordinat kartesius. Koordinat ini merupakan koordinat dasar dalam ilmu matematika yang mulanya ditemukan oleh Descartes. Mengapa disebut dengan koordinat persegi panjang?. Koordinat Kartesius disebut dengan koordinat persegi panjang dikarenakan jalur koordinat yang siku-siku dan berbentuk persegi ataupun persegi panjang. Koordinat kartesius ini sebagai dasar untuk mengenal suatu grafik fungsi. Koordinat kartesius merupakan koordinat dasar dalam ruang dimensi 2, 3, dan bahkan dimensi $n$. Suatu titik dalam dimensi $n$ merupakan suatu pertemuan antara dua sumbu koordinat. Kita hanya akan membahas dalam dimensi 2 dan 3 (bidang dan ruang).



Cara kerja koordinat kartesius dalam dimensi-2 sangatlah mudah dipahami. Dalam dimensi-2 ada yang disebut sumbu-$x$ (sumbu horizontal/garis bilangan horizontal) dan ada yang disebut dengan sumbu-$y$ (sumbu vertikal/garis bilangan vertikal). Jadi untuk membentuk suatu titik dalam koordinat kartesius dimensi-2 ini caranya hubungkan nilai $x$ dengan $y$. Misalkan titik itu bernama titik A (ingat: nama titik harus satu huruf Kapital), misalkan titik A ini terbentuk dari bilangan $x=2$ dan $y=3$ maka dapat ditulis dengan A(2, 3). Ya, posisinya tidak boleh terbalik, harus $x$ terlebih dahulu baru kemudian $y$. Sangat mudah bukan!. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar contoh yang lain dari koordinat kartesius dalam dimensi-2 berikut:


Sekarang bagaimana untuk koordinat kartesius dalam dimensi-3?. Dalam dimensi-3 ada namanya sumbu-$x$, sumbu-$y$, dan sumbu-$z$. Sumbu-$x$ dan sumbu-$y$ berapa dalam satu bidang horizontal, sedangkan sumbu-$z$ berada dalam bidang vertikal. Jadi ilustrasi untuk dimensi-3 seperti ini: ada dua bidang datar yang berpotongan dengan posisi horizontal dan vertikal. Untuk lebih jelasnya maka perhatikan gambar koordinat kartesius dalam dimensi-3


Cara menghubungkan nilai-nilai $x$, $y$, dan $z$ ini adalah:
1. Hubungkan terlebih dahulu nilai $x$ dan $y$ sehingga mendapatkan satu titik, titik ini disebut titik proyeksi.
2. Hubungkan nilai $z$ dengan titik proyeksi yang sudah diperoleh dalam langkah 1.

Sekarang akan diberikan contoh soal koordinat kartesius dalam ruang dimensi-2 dan dimensi-3.
Contoh 1:
Tentukan titik koordinat dari gambar berikut ini:

Jawab:
Ingat: sumbu horizontal dahulu baru sumbu vertikal.
$B(5,~5)$, $C(-4,~3)$, $E(-3,~-3)$, dan $G(5,~-4)$.

Contoh 2:
Gambarkan koordinat kartesius dari titik A(3, 4, 2).
Jawab:

Demikianlah postingan tentang koordinat kartesius atau koordinat persegi panjang. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *