Pengenalan Besaran Skalar dan Besaran Vektor

Loading...
Pengenalan Besaran Skalar dan Besaran Vektor
Selamat datang pengunjung blog mathematic.my.id,,
Pada postingan ini akan disajikan pembahasan tentang pengenalan besaran skalar dan besaran vektor. Secara umum besaran-besaran dalam ilmu fisika dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu besaran skalar dan besaran vektor. Apa itu besaran vektor dan besaran skalar?, selengkapnya akan dibahas sebagai berikut.

1. Besaran Skalar

Besaran skalar adalah besaran yang hanya mempunyai besar atau nilai saja. Misalnya panjang, waktu, massa, volume, kelajuan, energi, daya, suhu, potensial listrik, dan sebagainya.

Selanjutnya apa itu besaran vektor dan apa saja contohnya?.

2. Besaran Vektor

Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Contohnya kecepatan, percepatan, gaya, momentum, momen gaya, medan listrik, medan magnet, dan sebagainya.
Kita akan mengenal bagaimana cara penulisan notasi vektor sebagai berikut:

2.1. Penulisan Vektor

Vektor dapat dituliskan dalam dua huruf kapital seperti $\displaystyle \vec{AB}$, atau dapat juga ditulis dengan satu huruf kapital dan juga huruf kecil, misalnya $\displaystyle \vec{A}$ dan juga $\displaystyle \vec{d}$. Vektor-vektor yang ditulis dalam dua huruf itu huruf pertama menunjukkan titik tangkap vektor sedangkan huruf yang kedua menunjukkan arah vektor. Untuk vektor satu huruf besar itu titik pangkalnya adalah titik pusat 0, sedangkan arahnya adalah titik itu sendiri. Nah, untuk vektor satu huruf kecil melambangkan vektor pada segmen garis. Ingat bahwa tidak ada vektor dengan dua huruf kecil.
Contoh vektor yang ditulis dalam satu huruf dan sudah dikenal dalam penulisan baku:
$\vec{v}$ = vektor kecepatan.
$\vec{F}$ = vektor gaya.
$\vec{E}$ = vektor kuat medan listrik.
$\vec{a}$ = vektor percepatan.

2.2. Penggambaran Vektor

(i) Dalam satu huruf.
Vektor yang digambarkan dalam satu huruf, dapat berupa huruf besar ataupun huruf kecil.

(ii) Dalam dua huruf.
Vektor yang digambarkan dua huruf ini hanya bisa dibentuk oleh huruf besar.


3. Harga Vektor

Panjang dari sebuah vektor menunjukkan harga atau nilai dari vektor tersebut, sedangkan untuk menentukan nilai dari sebuah vektor $\vec{F}$ dituliskan $|\vec{F}|$, misalkan juga nilai dari vektor $\vec{AB}$ dituliskan dengan $|\vec{AB}|$. Jadi tanda mutlak yang diberikan pada vektor untuk menentukan nilai atau harga vektor tersebut.

Demikianlah postingan tentang dasar pengenalan besaran vektor dan besaran skalar. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *