Loading...

Berikut ini pengertian makhluk hidup menurut beberapa ahli:

1. Helena Curtis

Pengertian Makhluk Hidup menurut Helena Curtis (1975) adalah sesuatu yang bisa memanfaatkan energi dari lingkungannya dan merubahnya dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain, dapat beradaptasi dengan lingkungannya, bisa merespon bila ada rangsangan, bersifat homeostatis, kompleks dan terorganisir dengan baik, dapat bereproduksi atau berkembang biak serta dapat tumbuh dan berkembang.

2. Kimball

Menurut Kimball (1983) makhluk hidup adalah sesuatu yang memiliki lima cirri, yaitu dapat berevolusi, responsif, dapat bereproduksi, dapat melakukan metabolism, dan bersifat rumit.

3. Dwijoseputro

Menurut Dwijoseputro (1998) makhluk hidup adalah adalah sesuatu yang dapat melakukan metabolisme, dapat melakukan gerak, dapat tumbuh, dapat bereproduksi, dan responsif.


Asal Usul Makhluk Hidup Secara Biologi

Asal usul makhluk hidup menurut pendapat dari beberapa ahli tentang kehidupan makhluk hidup antara lain ialah sebagai berikut:
Teori menurut Aristoteles, untuk mengemukakan pendapat generatio spontanea atau juga Abiogenesis. Isinya adalah : makhluk hidup itu adalah berasal dari benda mati dengan begitu saja. Teori Abiogenesis adalah yang mengemukakan makhluk hidup berasal dari benda mati yang muncul secara spontan karena adanya gaya hidup. Teori Abiogenesis ini juga di katakan (generatio spontanea). Pelopor teori Abiogenesis adalah berasal dari Aristoteles (394- 322 sebelum masehi).

Demikianlah postingan tentang pengertian makhluk hidup dan asal usulnya secara biologis. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.