Loading...
Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Definisi

Rumus empiris merupakan rumus yang menyatakan perbandingan jumlah atom suatu unsur kimia yang membentuk suatu senyawa. Rumus empiris dari suatu senyawa dapat dicari dengan perbandingan mol yang paling sederhana atau dikatakan dengan perbandingan mol yang tidak dapat disederhanakan lagi.
Rumus Molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom suatu unsur kimia yang sesungguhnya dari suatu senyawa. Rumus molekul menyatakan $n$ kelipatan dari rumus empiris.


Contoh Rumus Empiris

– Senyawa Natrium Klorida dilambangkan dengan rumus kimia NaCl
NaCl terdiri dari: 1 atom Natrium dan 1 atom Klorin. Perbandingan jumlah atom dari masing-masing unsur adalah Na : Cl = 1 : 1. Perbandingan ini tidak dapat disederhankan lagi. Dengan demikian rumus empirisnya adalah NaCl


– Senyawa Kalsium klorida dilambangkan dengan rumus kimia CaCl2 CaCl$_2$ terdiri dari: 1 atom Kalsium dan 2 atom Klorin. Perbandingan jumlah atom dari masing-masing unsur adalah Ca : Cl = 1 : 2. Perbandingan ini tidak dapat disederhankan lagi. Dengan demikian rumus empirisnya adalah CaCl$_2$



– Senyawa Asam Karbonat dilambangkan dengan rumus kimia C$_6$H$_8$O$_6$. Senyawa C$_6$H$_8$O$_6$ ini terdiri dari: 6 atom Karbon, 8 atom Hidrogen dan 6 atom Oksigen. Perbandingan jumlah atom dari masing-masing unsur adalah C : H : O = 6 : 8 : 6. Perbandingan ini dapat disederhnakan lagi, yaitu kita bagi dengan dua (/2) sehingga kita peroleh perbandingan baru:
C : H : O = 3 : 4 : 3. Disini perbandingannya sudah tidak dapat disederhanakan lagi. Dengan demikian rumus empirisnya adalah C$_3$H$_4$O$_3$


Contoh Rumus Molekul

– Senyawa Etena dilambangkan dengan rumus kimia C$_2$H$_4$ yang merupakan rumus molekul karena perbandingan jumlah atomnya dapat disederhanakan lagi, yakni sama-sama dibagi 2.
– Senyawa Pentena dilambangkan dengan rumus kimia C$_5$H$_{10}$ yang merupakan rumus molekul karena perbandingan jumlah atomnya dapat disederhanakan lagi, yakni sama-sama dibagi 5.

Cara Menentukan Rumus Empiris

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu dipahami dalam mencari atau menentukan rumus empiris dari suatu senyawa:
  1. Menentukan massa masing-masing unsur dari suatu senyawa.
    Jika massanya berbentuk persentase, kita asumsikan bahwa total massa dari senyawa tersebut adalah 100 gram. Sehingga baru bisa kita dapatkan massa masing-masing unsur.
  2. Menentukan mol masing-masing unsur.
    Nilai mol diperoleh dengan membagi massa dengan massa atom relatif (Ar) dari suatu unsur.
  3. Membanding mol dari masing-masing unsur.
    Perbandingan mol yang paling sederhana dianggap sebagai rumus empiris.

Berikut ini diberikan dua contoh soal:

Contoh Soal 1:
Tentukan RE (Rumus Empiris) senyawa yang mengandung 75% karbon dan 25% atom hidrogen! (Ar C = 12, H = 1)
Penyelesaian:
Perbandingan %C : %H = 75 : 25
Perbandingan massa C : H = 0,75 : 0,25
Maka, perbandingan mol C : mol H adalah sebagai berikut:
$$\frac{\text{massa C}}{\text{Ar C}} : \frac{\text{massa C}}{\text{Ar C}}$$ $$=\frac{0,75}{12} : \frac{0,25}{1}$$ $$=\frac{1}{4}$$ Jadi perbandingan mol C : mol H = 1 : 4. Dengan demikian, rumus empiris senyawa tersebut adalah CH$_4$.
Contoh Soal 2:

Suatu senyawa terdiri dari 60% karbon, 5% hidrogen, dan sisanya nitrogen. Mr senyawa itu adalah 80 gram/mol. Tentukanlah rumus empiris dan rumus molekul senyawa tersebut! (Ar C = 12, H = 1, dan N = 14)

Penyelesaian:
a. Menentukan rumus empiris
Persentase nitrogen = 100% $-$ (60% + 5%) = 35% Misal massa senyawa = 100 gr
Maka massa C : H : N = 60 : 5 : 35
Perbandingan mol C : mol H : mol N adalah sebagai berikut:
C : H : N = massa C/Ar C : massa H/Ar H : massa N/Ar N C : H : N = 60/12 : 5/1 : 35/14 C : H : N = 5 : 5 : 2,5 C : H : N = 2 : 2 : 1 Maka rumus empiris (RE) = C$_2$H$_2$N

Demikianlah penjelasan tentang rumus empiris dan rumus molekul. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.