Loading...
Selamat datang pengunjung Blog MIPA, semoga kita selalu diberikan kesehatan sehingga kita dapat beraktifitas dan tetap belajar.
Salah satu langkah antisipasi pencegahan terinfeksi virus corona adalah memeriksa suhu tubuh seperti terlihat pada gambar. Maka dari itu, di sejumlah tempat umum seperti pusat perbelanjaan hingga bandara selalu menerapkan pengecekan suhu tubuh. Dari suhu tubuh itulah, seseorang bisa mengetahui kondisi tubuhnya sedang sehat atau tidak. Upaya ini merupakan salah satu cara pencegahan penularan covid -19. Sehingga dapat kita simpulkan betapa pentingnya suhu dalam kehidupan kita sehari hari. Suhu merupakan derajat panas atau dingin yang dirasakan indera. Alat yang biasa digunakan untuk pengukur suhu dinamakan termometer.

Termometer


Termometer merupakan alat yang sederhana dengan fungsi yang besar. Ada bermacam macam termometer mulai dari yang analog sampai yang digital, mulai dari yang menggunakan air raksa sampai yang menggunakan infra merah.

Skala Suhu

Terdapat 4 skala suhu yang digunakan pada termometer dintaranya Celcius (°C), Reamur (°R), Fahrenheit (°H) dan Kelvin (K). Perhatikan tabel berikut ini:

Konversi antara 4 skala tersebut ditunjukkan oleh tabel berikut:

Skala Celcius dan Fahrenheit banyak kita temukan di kehidupan sehari hari, sedangkan skala suhu yang ditetapkan sebagai Satuan Internasional adalah Kelvin. Berikut gambaran mengkonversi suhu pada 2 termometer yang berbeda secara umum dituliskan:

Contoh:
Suhu udara dalam suatu ruangan 95°F. Nyatakan suhu tersebut dalam Kelvin!.
Jawab:
Konversi Fahrenheit ke kelvin: $$K=\frac{5}{9}(F-32)+273$$ $$=\frac{5}{9}(95-32)+273$$ $$=308 \text{ K}$$ Demikianlah penjelasan singkat tentang suhu. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.