Loading...
Selamat datang para pengunjung blog mathematic.my.id. Pada bagian ini akan dijelaskan tentang materi fisika tepatnya materi tekanan pada fluida. Untuk lebih memahami materi ini diperlukan materi prasyarat ini: Pengertian Fluida. Setelah anda membaca dan memahami materi prasyarat maka lanjut penjelasan materi ini:
Ada perbedaan kemampuan antara permukaan zat padat dengan zat cair dalam menerima gaya-gaya. Permukaan zat padat dengan batas-batas tertentu mampu menahan gaya tangensial yang bekerja pada permukaannya yang berarti mampu menahan tegangan geser. Sedangkan permukaan zat cair tidak dapat menahan gaya tangensial atau berarti tidak mampu menahan tegangan geser. Ketidakmampuan zat cair menahan gaya tangensial atau tegangan geser inilah menunjukkan kemampuan zat cair untuk mengalir atau berubah bentuk.
Karena zat cair tidak memiliki kemampuan untuk melawan gaya tangensial, maka untuk membahas gaya-gaya yang bekerja pada permukaan zat cair perlu didefinisikan konsep tekanan. Pengertian tekanan akan mudah kita pahami setelah kita menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Mengapa pisau yang tajam lebih mudah memotong dari pada pisau yang tumpul?. Mengapa paku yang runcing lebih mudah menancap ke dalam benda dibandingkan paku yang kurang runcing?. Pertanyaan di atas sangat berhubungan dengan konsep tekanan. Konsep tekanan identik dengan gaya, gaya selalu menyertai pengertian tekanan. Tekanan yang besar dihasilkan dari gaya yang besar pula, sebaliknya tekanan yang kecil dihasilkan dari gaya yang kecil. Dari pernyataan di atas dapat dikatakan bahwa tekanan sebanding dengan gaya. Secara matematik dinyatakan dengan persamaan:
$\displaystyle P=\frac{F}{A}$
Keterangan:
$P=$ Tekanan (N/m$^2$)
$F=$ Gaya (N)
$A=$ Luas Permukaan (m$^2$)

Catatan satuan yang perlu diingat:
1 Pa = 1 Nm$^2$
1 bar = 10$^5$ Pa
1 atm = 101325 Pa

Demikianlah postingan tentang tekanan pada fluida. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.