Loading...
Apa kabar para pengunjung sekalian..
Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan sehingga dapat beraktifitas sehari-hari.
Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang tiga keadaan benda yang tercelup dalam fluida. Keadaan benda itu adalah sebagai berikut:

1. Keadaan Terapung


Perhatikan gambar yang menunjukkan sebuah bola kayu yang terapung pada suatu fluida. Pada saat terapung, besarnya gaya apung ($F_a$) lebih besar dari berat benda $W=m.g$, ($F_a>W$). Pada peristiwa ini, hanya sebagian benda yang terceluf dalam fluida sehingga volume benda yang dipindahkan lebih kecil dari volume total benda yang mengapung. Rumusnya adalah: $\rho_f.v_t=\rho_b.v_b$
artinya bahwa karena $v_t$ (volume benda yang tercelup) lebih kecil dari $v_b$ (volume benda total) maka syarat benda mengapung $\rho_b < \rho_f$, artinya massa jenis benda harus lebih kecil dari pada massa jenis fluida.

2. Keadaan Melayang


Perhatikan gambar yang menujukkan sebuah telur yang melayang pada suatu fluida. Pada saat melayang, besarnya gaya apung ($F_a$) sama dengan berat benda $W=m.g$, ($F_a=W$). Pada peristiwa ini, volume benda yang dipindahkan sama dengan volume total benda melayang. Karena $v_t$ (volume benda yang tercelup) sama besar dari $v_b$ (volume benda total) maka syarat benda melayang adalah $\rho_b=\rho_f$, artinya massa jenis benda harus sama dengan massa fluida.

3. Keadaan Tenggelam


Perhatikan gambar yang menujukkan sebuah bola besi yang tenggelam pada suatu fluida. Pada saat tenggelam, besarnya gaya apung ($F_a$) lebih kecil dari pada berat benda $W=m.g$, ($F_a < W$). Pada peristiwa ini, volume benda yang yang tercelup di dalam fluida sama dengan volume total benda yang mengapung, namun bertumpu pada dasar bejana sehingga ada gaya normal dasar bejana pada benda sebesar N. Rumus gaya normalnya adalah: $N=\rho_b.g.(v_b-v_t)$.
Untuk syarat benda tenggelam adalah $\rho_b>\rho_f$.

Ketiga keadaan benda di atas merupakan penerapan hukum archimedes yang dapat kita jumpai dalam berbagai peralatan dari yang sederhana sampai yang canggih, misalnya hidrometer, jembatan ponton, kapal selam, galangan kapai, kapal laut, balon udara, dan lain-lain.

Demikianlah postingan tentang tiga keadaan benda yang tercelup ke dalam fluida. Sampai jumpa di postingan lainnya dan semoga bermanfaat.